Ekspansi Global Pertamina: Kemitraan dengan Guma untuk Gas to Power di Afrika Selatan

Jumat, 13 September 2024 | 12:09:21 WIB

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Guma baru saja menandatangani Joint Study Agreement (JSA) untuk menjajaki potensi pengembangan gas to power di Afrika Selatan. Penandatanganan ini berlangsung pada acara internasional, Indonesia Africa Forum (IAF) di Nusa Dua, Bali, pada hari Senin (2/9). Acara ini dihadiri oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE, John Anis, dan Executive Chairman Guma, Robert Gumede, serta disaksikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Tujuan kerjasama ini adalah untuk melakukan studi mendalam dan kolaboratif dalam pengembangan gas to power di Afrika Selatan. Ini adalah bagian dari komitmen Pertamina NRE untuk ekspansi global, khususnya dalam sektor gas to power, sebagai langkah awal dalam transisi energi dan upaya mengurangi emisi karbon.

Jodi Mahardi menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat berlanjut ke tindakan konkret yang membawa manfaat bagi kedua belah pihak. 

Kerjasama ini merupakan contoh nyata dari kerja sama "selatan-selatan", yang merupakan semangat Forum Indonesia-Afrika yang dimulai dengan kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Afrika pada Agustus 2023 untuk mengeksplorasi potensi kolaborasi. Pada 17 November 2023, Pertamina juga telah menandatangani kesepahaman awal dengan Guma.

Keberhasilan Pertamina NRE dalam menyelesaikan dan mengoperasikan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1, yang merupakan PLTGU terbesar di Asia Tenggara dengan teknologi combined cycle terbaru, memberikan kepercayaan tambahan dari mitra global untuk mengembangkan teknologi serupa. John Anis menekankan bahwa pengalaman sukses di Jawa-1 menjadikan Pertamina NRE mitra yang ideal bagi Guma dalam pengembangan ekosistem energi bersih di Afrika Selatan, mendukung misi global untuk mencapai net zero emission.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menambahkan bahwa Pertamina mendorong ekspansi internasional untuk subholding-nya, yang diharapkan akan memberikan dampak positif pada operasional dan pencapaian perusahaan. 

Sebagai bagian dari Pertamina Group, Pertamina NRE berkomitmen untuk mengusung inisiatif energi bersih dan mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui implementasi prinsip environment, social and governance (ESG). Pertamina bertekad mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), sejalan dengan penerapan ESG di seluruh bisnis dan operasi perusahaan.

Terkini