Pertamina UMK Academy Mendapat Penghargaan Marketeers Editor’s Choice 2024 untuk Pemberdayaan yang Berkelanjutan

Senin, 16 September 2024 | 19:13:59 WIB

Jakarta - PT Pertamina (Persero) baru saja mendapatkan penghargaan Marketeers Editor’s Choice untuk program Pertamina New UMK Academy 2024 dalam kategori SME Enabler Program of The Year. Program ini adalah evolusi dari UMK Academy yang telah dijalankan oleh Pertamina selama lima tahun terakhir.

Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) adalah ajang penghargaan yang mengakui merek-merek yang telah melakukan inovasi dan kreativitas dalam pemasaran sepanjang tahun terakhir. New UMK Academy 2024, dengan format barunya, dinilai oleh Dewan Editor Marketeers sebagai inisiatif yang efektif dalam membantu pelaku UMK menyesuaikan diri dengan perkembangan pemasaran modern.

Pelatihan yang disediakan mendorong UMK untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital melalui metode gamifikasi. Selain itu, UMK Academy merupakan program berkelanjutan dengan cakupan peserta yang luas serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Iwan Setiawan, CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, menyebutkan bahwa langkah ini menunjukkan komitmen serius Pertamina dalam mempersiapkan UMK untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dan pasar yang semakin menantang. “Inovasi dan inspirasi adalah dua elemen utama dari brand story yang patut disebarluaskan,” ujarnya.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, menyambut baik penghargaan tersebut. Penghargaan ini membuktikan bahwa Pertamina, sebagai perusahaan energi nasional, tidak hanya fokus pada bisnis energi, tetapi juga berperan aktif dalam pemberdayaan UMK yang merupakan pilar perekonomian Indonesia.

Program yang mengusung tagline “Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju” di tahun 2024 bertujuan untuk mendorong UMK agar lebih inovatif dan kreatif dalam proses produksi dan pemasaran, sehingga dapat berkembang lebih cepat dan bahkan memasuki pasar internasional.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan ini. Penghargaan ini mendorong kami untuk terus berkontribusi dalam mencetak UMK yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri,” kata Fadjar.

Pertamina UMK Academy merupakan program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara terstruktur, berjenjang, dan berkelanjutan di berbagai wilayah di Indonesia, dengan kurikulum utama seperti Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, yang mengintegrasikan prinsip Go Green.

Sejak dimulai pada tahun 2020, program ini semakin diminati oleh UMK, dengan lebih dari 8.500 UMK yang mendaftar tahun ini dan 1.686 di antaranya terpilih sebagai peserta. Pertamina terus melakukan inovasi untuk meningkatkan nilai dan manfaat program ini bagi UMK.

"Dengan pendampingan intensif, diharapkan peserta UMK Academy dapat mencapai kesuksesan melalui peningkatan jumlah pegawai, kapasitas produksi, omzet, keterlibatan masyarakat, serta meraih sertifikat nasional dan internasional serta memasuki pasar global," harapnya.

Selanjutnya, Pertamina juga meluncurkan program lanjutan, Pertapreneur Aggregator, yang merupakan inisiatif kolaboratif di mana UMKM binaan akan membina UMKM lainnya, membangun jejaring di antara mereka.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dan berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), selaras dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) dalam seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Terkini