Kilang Pertamina Internasional Sabet 8 Penghargaan dalam Ajang Keselamatan Migas

Rabu, 09 Oktober 2024 | 15:55:19 WIB

Jakarta, 9 Oktober 2024 – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih delapan penghargaan dalam ajang Penghargaan Keselamatan Migas 2024, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bahlil Lahadalia, sebagai pengakuan atas kontribusi KPI dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan terpercaya di sektor energi pada tanggal 7 Oktober.

Kilang Plaju berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi “Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha VII”, yang diberikan kepada perusahaan yang telah sukses menjalankan standar keselamatan tanpa mengalami kecelakaan besar. Selama dua tahun terakhir, KPI Plaju telah mencapai 132.296.052 jam kerja aman tanpa kerusakan properti yang melebihi 100.000 USD.

Selain itu, Kilang Plaju juga meraih anugerah “Patra Karya Raksa” yang menunjukkan prestasi dalam pembinaan keselamatan kerja. Ini mencerminkan komitmen KPI dalam membangun lingkungan kerja yang aman melalui berbagai program pelatihan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

“Kami sangat berterima kasih atas penghargaan yang diraih oleh KPI Group melalui unit operasi dan anak usaha. Total, sembilan penghargaan telah kami capai, yang menegaskan bahwa keselamatan merupakan bagian integral dari setiap kegiatan operasional kami,” ungkap Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen.

Prestasi dalam kategori Patra Nirbhaya Karya juga diraih oleh Kilang Cilacap, Kilang Balongan, Kilang Kasim, serta beberapa proyek seperti R&P Project Infrastructure, Proyek Balongan, Proyek Cilacap, dan anak usaha KPI, PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia (PRPP).

Penghargaan Keselamatan Migas bertujuan untuk meningkatkan kinerja keselamatan di sektor minyak dan gas bumi. Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang menunjukkan kinerja HSSE yang baik.

Proses seleksi penghargaan dilakukan melalui prosedur ketat yang sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 130.K/MG.01/MEM.M/2024 mengenai pedoman pemberian penghargaan keselamatan migas.

Ajang ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Kategori Tanpa Kehilangan Jam Kerja Akibat Kecelakaan (Patra Nirbhaya Karya), Kategori Pembinaan Keselamatan Kerja (Patra Karya Raksa), dan Kategori Perusahaan Penunjang serta Individu dalam Upaya Peningkatan Kinerja Keselamatan Migas (Patra Prakarsa).

Terkini