Pertamina Dukung Digitalisasi UMKM di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 | 16:17:06 WIB

Lombok – Pertamina memanfaatkan ajang balap internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendorong digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur yang akan memamerkan produk mereka selama acara tersebut. Puluhan UMKM ini akan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk memudahkan transaksi.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyatakan bahwa produk UMKM binaan Pertamina memiliki kualitas yang unik dan menarik. Dalam ajang internasional ini, produk-produk seperti makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia akan banyak diminati oleh masyarakat dan wisatawan. "Dengan meningkatnya konsumen, penggunaan MyPertamina akan sangat membantu memperlancar dan mempercepat proses transaksi," tuturnya.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menambahkan bahwa semua transaksi di area Pertamina Mandalika International Circuit harus menggunakan MyPertamina. “Dengan menggunakan MyPertamina, pencatatan penjualan dan pengelolaan stok bagi UMKM akan lebih mudah dan otomatis,” jelasnya.

Pengguna aplikasi MyPertamina juga akan menikmati promo potongan 5 persen untuk setiap transaksi selama acara berlangsung. “Ini memberikan keuntungan tambahan bagi pembeli dan UMKM yang berpartisipasi,” tambah Heppy.

Dalam sosialisasi penggunaan MyPertamina yang diadakan di Rumah BUMN Lombok Timur pada Rabu (25/9), Agus Hartadi, pemilik usaha Loyok Kreatif, menyambut positif inisiatif ini. “Peran teknologi sangat penting, terutama di ajang internasional seperti ini,” ujarnya.

Loyok Kreatif merupakan usaha kerajinan bambu yang merupakan warisan leluhur di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Agus kini menjadi salah satu penggerak ekonomi lokal, menjadikan anyaman bambu sebagai komoditas yang diperhitungkan di pasar global.

Hal serupa disampaikan oleh Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, yang juga merasakan manfaat digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu dalam pencatatan transaksi dan memudahkan pengembangan usaha kami,” katanya.

Pertamina berharap kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka ke pasar global. Untuk menikmati kemudahan transaksi dan promo menarik, masyarakat dapat mengunduh aplikasi MyPertamina dengan mudah di Play Store atau App Store.

Sebagai perusahaan yang memimpin transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus menjalankan program-program yang berdampak pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh aspek bisnis dan operasi Pertamina.

Terkini