Grand Prix Indonesia 2024 Jadi Ajang Pertamina untuk UMKM Go Digital

Grand Prix Indonesia 2024 Jadi Ajang Pertamina untuk UMKM Go Digital

Lombok – Pertamina memanfaatkan ajang internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendukung digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur, yang akan menjajakan produk di acara tersebut. Puluhan UMKM ini menggunakan aplikasi MyPertamina untuk kemudahan transaksi selama ajang berlangsung.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa UMKM binaan Pertamina memiliki produk-produk yang unik dan berkualitas. Pada ajang internasional ini, produk UMKM seperti makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia sangat diminati oleh masyarakat dan wisatawan. "Dengan banyaknya konsumen, penggunaan MyPertamina akan mempermudah dan mempercepat transaksi," jelas Fadjar.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menambahkan bahwa seluruh transaksi di Pertamina Mandalika International Circuit harus menggunakan MyPertamina. “Pemanfaatan MyPertamina akan memudahkan pencatatan penjualan dan pengelolaan stok secara otomatis bagi UMKM,” ujarnya.

Pengguna aplikasi MyPertamina juga mendapatkan promo diskon 5 persen untuk setiap transaksi selama acara berlangsung. “Ini memberikan keuntungan lebih bagi pembeli dan UMKM yang berpartisipasi,” tambah Heppy.

Dalam sosialisasi penggunaan MyPertamina yang diadakan di Rumah BUMN Lombok Timur, Agus Hartadi, pemilik Loyok Kreatif, menyambut baik inisiatif ini. “Peran teknologi sangat penting, terutama di ajang internasional seperti ini,” ujarnya.

Loyok Kreatif adalah seni kerajinan bambu yang merupakan warisan turun-temurun dari Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Agus kini menjadi salah satu penggerak ekonomi di Loyok, memasarkan anyaman bambu sebagai komoditas yang diperhitungkan di pasar global.

Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan manfaat digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu dalam pencatatan transaksi dan memudahkan usaha untuk berkembang,” katanya.

Pertamina berharap kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka ke pasar global. Untuk menikmati kemudahan transaksi dan promo menarik, masyarakat dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di Play Store atau App Store.

Pertamina, sebagai pemimpin dalam transisi energi, berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index