Digitalisasi UMKM di Pertamina Grand Prix 2024 Dukung Pertamina Aplikasi MyPertamina

Digitalisasi UMKM di Pertamina Grand Prix 2024 Dukung Pertamina Aplikasi MyPertamina

Lombok – Pertamina memanfaatkan ajang balap internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendorong digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya. Termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur yang akan menjajakan produknya di ajang balap tersebut. Puluhan UMKM ini akan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk mempermudah transaksi selama acara berlangsung.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa UMKM binaan Pertamina memiliki kualitas produk yang unik dan berkelas. Dalam ajang internasional ini, produk UMKM, yang terdiri dari makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia, selalu diminati oleh masyarakat maupun wisatawan. "Dengan tingginya permintaan terhadap produk UMKM, penggunaan MyPertamina akan sangat membantu memperlancar dan mempercepat proses transaksi," kata Fadjar.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menambahkan bahwa seluruh transaksi di area Pertamina Mandalika International Circuit wajib menggunakan MyPertamina. “Pemanfaatan aplikasi MyPertamina ini juga akan mempermudah pencatatan penjualan dan pengelolaan stok bagi UMKM secara otomatis,” jelasnya.

Pengguna MyPertamina juga akan menikmati promo diskon 5 persen untuk setiap transaksi selama acara berlangsung. “Ini tentu menjadi keuntungan lebih bagi pembeli dan UMKM yang berpartisipasi,” tambah Heppy.

Pada sesi sosialisasi penggunaan MyPertamina yang diadakan di Rumah BUMN Lombok Timur, Agus Hartadi, pemilik usaha Loyok Kreatif, menyatakan antusiasmenya. “Peran teknologi sangat penting, terutama dalam ajang internasional sebesar ini,” ucapnya.

Loyok Kreatif merupakan usaha kerajinan bambu, sebuah warisan leluhur yang telah diturunkan secara turun-temurun di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Agus kini menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di Loyok, menjadikan anyaman bambu sebagai komoditas yang diakui di pasar global.

Senada dengan itu, Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan manfaat digitalisasi. “Aplikasi MyPertamina sangat membantu dalam pencatatan transaksi dan memperlancar pengembangan usaha,” katanya.

Pertamina berharap, kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan membuka jalan bagi produk-produk mereka menuju pasar global. Untuk menikmati kemudahan bertransaksi dan promo menarik, masyarakat bisa mengunduh aplikasi MyPertamina di Play Store atau App Store.

Sebagai perusahaan yang memimpin transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index