Grand Prix Indonesia 2024 Pertamina perkuat UMKM dengan aplikasi MyPertamina

Grand Prix Indonesia 2024 Pertamina perkuat UMKM dengan aplikasi MyPertamina

Lombok – Pertamina memanfaatkan ajang internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendukung digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya. Termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur yang akan memasarkan produk mereka selama acara tersebut. Puluhan UMKM ini akan memanfaatkan aplikasi MyPertamina untuk memudahkan transaksi sepanjang acara.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menyatakan bahwa UMKM binaan Pertamina menawarkan produk yang unik dan berkualitas tinggi. Dalam acara internasional ini, produk UMKM yang mayoritas berupa makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia sangat diminati baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. “Dengan tingginya minat konsumen pada UMKM, penggunaan MyPertamina akan memudahkan dan mempercepat proses transaksi,” ujar Fadjar.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menambahkan bahwa seluruh transaksi di area Pertamina Mandalika International Circuit wajib menggunakan MyPertamina. “Melalui pemanfaatan MyPertamina, pencatatan penjualan dan pengelolaan stok bagi UMKM akan menjadi lebih mudah dan otomatis,” jelasnya.

Selain itu, pengguna aplikasi MyPertamina akan mendapatkan diskon 5 persen untuk setiap transaksi selama acara berlangsung. “Ini memberikan keuntungan lebih bagi pembeli dan UMKM yang terlibat,” tambah Heppy.

Dalam sosialisasi penggunaan MyPertamina yang digelar di Rumah BUMN Lombok Timur, Agus Hartadi, pemilik usaha Loyok Kreatif, menyambut positif inisiatif ini. “Teknologi sangat penting, terutama dalam acara internasional seperti ini,” ucapnya.

Loyok Kreatif adalah seni kerajinan bambu yang telah menjadi warisan budaya di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kini, Agus telah menjadi salah satu pelopor ekonomi di Loyok, dengan menjadikan anyaman bambu sebagai produk yang diperhitungkan di pasar global.

Hal serupa disampaikan oleh Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, yang juga merasakan manfaat digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu dalam pencatatan transaksi dan memudahkan usaha kami berkembang,” jelasnya.

Pertamina berharap kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka di pasar global. Masyarakat dapat dengan mudah mengunduh aplikasi MyPertamina melalui Play Store atau App Store untuk merasakan kemudahan bertransaksi serta mendapatkan berbagai promo menarik.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung pencapaian target Net Zero Emission 2060 melalui berbagai program yang berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya ini selaras dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index