Kilang Pertamina Internasional: Mengukir Prestasi dengan 8 Penghargaan Keselamatan yang Gemilang

Rabu, 09 Oktober 2024 | 16:35:20 WIB

Jakarta, 9 Oktober 2024 – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) meraih delapan penghargaan dalam ajang Penghargaan Keselamatan Migas 2024 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bahlil Lahadalia, pada 7 Oktober, sebagai pengakuan atas dedikasi KPI dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan terpercaya di sektor energi.

Kilang Plaju menjadi unit yang meraih penghargaan tertinggi, yaitu “Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha VII”, yang diberikan kepada perusahaan yang berhasil menerapkan keselamatan kerja tanpa mengalami kecelakaan besar. Selama dua tahun terakhir, Kilang Plaju mencatatkan 132.296.052 jam kerja aman tanpa kerusakan properti di atas 100.000 USD.

Tak hanya itu, Kilang Plaju juga berhasil mendapatkan “Patra Karya Raksa” yang menunjukkan prestasi dalam pembinaan keselamatan kerja, menggambarkan komitmen KPI dalam memberikan pelatihan untuk meminimalkan risiko kecelakaan di tempat kerja.

“Dengan pencapaian ini, kami merasa bangga. KPI Group, melalui unit dan anak usaha kami, berhasil meraih sembilan penghargaan. Ini membuktikan bahwa keselamatan adalah bagian yang tak terpisahkan dari operasi kami,” kata Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen.

Prestasi di kategori Patra Nirbhaya Karya juga diraih oleh Kilang Cilacap, Kilang Balongan, Kilang Kasim, dan beberapa proyek lainnya, termasuk R&P Project Infrastructure, Proyek Balongan, Proyek Cilacap, serta PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia (PRPP).

Penghargaan Keselamatan Migas bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja keselamatan di industri minyak dan gas bumi, serta memberikan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan dengan kinerja HSSE yang optimal.

Proses seleksi penghargaan dilakukan melalui prosedur yang ketat berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 130.K/MG.01/MEM.M/2024 tentang pedoman pemberian penghargaan keselamatan migas.

Ajang ini terdiri dari tiga kategori: Kategori Tanpa Kehilangan Jam Kerja Akibat Kecelakaan (Patra Nirbhaya Karya), Kategori Pembinaan Keselamatan Kerja (Patra Karya Raksa), dan Kategori Perusahaan Penunjang serta Individu dalam Upaya Peningkatan Kinerja Keselamatan Migas (Patra Prakarsa).

Terkini