Keselamatan di Utama: Kilang Pertamina Internasional Raih 8 Penghargaan Bergengsi

Keselamatan di Utama: Kilang Pertamina Internasional Raih 8 Penghargaan Bergengsi

Jakarta, 9 Oktober 2024 – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sukses meraih delapan penghargaan dalam ajang Penghargaan Keselamatan Migas 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bahlil Lahadalia, pada 7 Oktober, sebagai penghargaan atas kontribusi KPI dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan berstandar tinggi di sektor energi.

Kilang Plaju dari KPI berhasil meraih penghargaan “Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha VII”, yang merupakan penghargaan paling bergengsi untuk perusahaan yang telah berhasil menerapkan standar keselamatan kerja tanpa mengalami kecelakaan besar. Dalam dua tahun terakhir, Kilang Plaju berhasil mencatatkan 132.296.052 jam kerja aman tanpa kerugian properti yang melebihi 100.000 USD.

Kilang Plaju juga mendapatkan penghargaan “Patra Karya Raksa” yang menunjukkan prestasi dalam pembinaan keselamatan kerja, menegaskan komitmen KPI untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman melalui pelatihan dan program mitigasi risiko.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. KPI Group, melalui unit operasi dan anak usahanya, berhasil meraih sembilan penghargaan. Ini menunjukkan bahwa keselamatan merupakan prioritas utama dalam semua kegiatan operasional kami,” ungkap Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen.

Selain Kilang Plaju, penghargaan di kategori Patra Nirbhaya Karya juga diraih oleh Kilang Cilacap, Kilang Balongan, Kilang Kasim, serta proyek lainnya seperti R&P Project Infrastructure, Proyek Balongan, Proyek Cilacap, dan PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia (PRPP).

Penghargaan Keselamatan Migas bertujuan untuk meningkatkan kinerja keselamatan di sektor minyak dan gas bumi dengan memberikan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja HSSE yang optimal.

Seleksi penghargaan dilakukan melalui prosedur ketat sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 130.K/MG.01/MEM.M/2024 tentang pedoman pemberian penghargaan keselamatan migas.

Ajang ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu Kategori Tanpa Kehilangan Jam Kerja Akibat Kecelakaan (Patra Nirbhaya Karya), Kategori Pembinaan Keselamatan Kerja (Patra Karya Raksa), dan Kategori Perusahaan Penunjang serta Individu dalam Upaya Peningkatan Kinerja Keselamatan Migas (Patra Prakarsa).

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index