Pertamina NRE Bersama Guma: Inovasi Gas to Power untuk Masa Depan Afrika Selatan

Pertamina NRE Bersama Guma: Inovasi Gas to Power untuk Masa Depan Afrika Selatan

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Guma baru saja menandatangani Joint Study Agreement (JSA) untuk mengeksplorasi potensi pengembangan gas to power di Afrika Selatan. Acara penandatanganan berlangsung pada hari Senin (2/9) di tengah pertemuan internasional Indonesia Africa Forum (IAF) yang diadakan di Nusa Dua, Bali. Acara ini dihadiri oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE, John Anis, dan Executive Chairman Guma, Robert Gumede, serta disaksikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Kerjasama ini bertujuan untuk melakukan studi bersama secara mendalam untuk mengembangkan gas to power di Afrika Selatan. Ini juga merupakan bagian dari strategi Pertamina NRE untuk memperluas jangkauan globalnya, khususnya dalam sektor gas to power, sebagai langkah awal dalam transisi energi dan upaya mengurangi emisi karbon.

Jodi Mahardi mengungkapkan harapannya agar kerjasama ini dapat segera berlanjut ke implementasi konkret yang memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Kerjasama ini mencerminkan semangat kerja sama "selatan-selatan" yang menjadi inti Forum Indonesia-Afrika, yang dimulai dengan kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Afrika pada Agustus 2023 untuk menjajaki potensi kolaborasi. Pada 17 November 2023, Pertamina juga telah menandatangani kesepahaman awal dengan Guma.

Keberhasilan Pertamina NRE dalam menyelesaikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1, yang merupakan PLTGU terbesar di Asia Tenggara dengan teknologi combined cycle terbaru, menambah kepercayaan mitra global untuk mengembangkan teknologi serupa. John Anis menegaskan bahwa pengalaman sukses di Jawa-1 menjadikan Pertamina NRE mitra yang tepat bagi Guma dalam pengembangan energi bersih di Afrika Selatan, mendukung upaya global untuk mencapai net zero emission.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menambahkan bahwa Pertamina mendorong ekspansi internasional subholding-nya, yang diharapkan akan memperkuat operasi perusahaan dan mencapai tujuannya. 

Sebagai bagian dari Pertamina Group, Pertamina NRE terus berkomitmen untuk mengimplementasikan inisiatif energi bersih dan mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan prinsip environment, social, and governance (ESG). Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan mendorong program-program yang berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs) dan penerapan ESG di seluruh lini bisnis dan operasinya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index