CSR Pertamina di HUT RI ke-79: Edukasi, Pelestarian Ekosistem, dan Beasiswa

CSR Pertamina di HUT RI ke-79: Edukasi, Pelestarian Ekosistem, dan Beasiswa

Jakarta, 18 Agustus 2024 - Pertamina Group menyelenggarakan berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), yang meliputi kegiatan seperti pengibaran bendera merah putih di bawah laut, pelestarian ekosistem maritim, aksi bersih-bersih di Sungai Ciliwung, workshop pengembangan usaha untuk keluarga sejahtera, hingga pemberian beasiswa.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan bahwa program-program TJSL ini dilakukan oleh Pertamina sebagai bentuk rasa syukur atas Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Sebagai BUMN, Pertamina berkomitmen untuk terus menjalankan program TJSL yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan di seluruh wilayah operasi perusahaan," ujar Fadjar.

Sepanjang bulan Agustus, lanjut Fadjar, Pertamina mengadakan berbagai kegiatan istimewa sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan yang dinikmati oleh bangsa Indonesia.

Salah satu kegiatan tersebut dilakukan oleh PT Pertamina International Shipping (PIS) yang merayakan HUT RI ke-79 dengan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut, diikuti dengan kegiatan transplantasi terumbu karang untuk menjaga ekosistem di kawasan Gili Trawangan.

Rangkaian kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (17/8) dengan tema "BerSEAnergi untuk Laut", yang merupakan program untuk mendukung keberlanjutan ekosistem laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut juga dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), subholding gas Pertamina, di perairan Pulau Tabuhan, Banyuwangi. Selain itu, PGN menyelenggarakan program "Penjaga Laut Junior" di SDN 1 Bengkak, Banyuwangi, yang bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang pelestarian alam, khususnya laut, serta peran gas sebagai energi transisi.

Di tempat lain, PT Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK), Pemerintah Kota Depok, dan komunitas peduli Sungai Ciliwung, mengadakan kegiatan bersih-bersih sungai dalam Festival Ciliwung 2024. Kegiatan ini dimulai sejak 10 Agustus 2024, meliputi edukasi lingkungan bagi komunitas dan pelajar, aksi bersih-bersih sungai, serta pengibaran bendera merah putih sepanjang 79 meter pada 18 Agustus 2024.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa dan komunitas tentang pentingnya perilaku peduli lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah, sehingga dapat mengurangi risiko bencana seperti banjir dan tanah longsor," tambah Fadjar.

Di Lampung, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) unit operasi Ulubelu turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan mengadakan workshop tentang Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Olahan Pangan Keluarga Mandiri Sehat dan Sejahtera (Kamasetra) di Ulubelu pada 15 Agustus 2024. Workshop ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dengan memulai dari olahan pangan bergizi untuk peningkatan kualitas hidup keluarga.

Sementara di Kalimantan, PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) memberikan beasiswa kepada 15 putra-putri terbaik dari daerah tersebut melalui Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK). Program ini memberikan beasiswa penuh bagi lulusan SMA atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan sarjana (S1) di universitas di Kalimantan. Penyerahan beasiswa ini dilakukan dalam sebuah acara inaugurasi di Balikpapan pada Jumat (16/8/2024).

"Beragam program TJSL Pertamina selaras dengan tema HUT Kemerdekaan yaitu 'Nusantara Baru Indonesia Maju'. Pertamina berharap dapat maju bersama membangun bangsa," tegas Fadjar.

Program TJSL Pertamina tidak hanya dilaksanakan pada momen HUT RI, tetapi juga secara berkelanjutan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina sebagai motor penggerak perekonomian bangsa.

Sebagai pemimpin di bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya tersebut sesuai dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index