Hadirkan Solusi Transaksi Finansial Nasabah, Bank Mandiri Raih Dua Penghargaan ABF Retail Banking Awards 2023

Hadirkan Solusi Transaksi Finansial Nasabah, Bank Mandiri Raih Dua Penghargaan ABF Retail Banking Awards 2023

Singapura, 25 Juli 2023 - Bank Mandiri terus berkomitmen untuk memperkokoh peran sebagai agen pembangunan lewat serangkaian optimalisasi dan inovasi layanan. Berkat komitmen yang berkesinambungan ini, Bank Mandiri berhasil mendulang penghargaan di ajang Asian Banking & Finance (ABF) Retail Banking Awards 2023 yang digelar di Singapura, Selasa (25/7).

Dalam ajang penghargaan tahunan berskala internasional ini, Bank Mandiri dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori Mobile Banking & Payment Initiative of the Year dan meraih gelar sebagai The New Consumer Lending Product of the Year versi Asian Banking & Finance (ABF). Apresiasi ini diberikan kepada Bank Mandiri atas pencapaian perseroan mengelola dan mengembangkan layanan digital yang menghadirkan solusi layanan finansial terbaik bagi nasabah.

Penyerahan penghargaan yang diselenggarakan di Marina Bay Sands Expo & Convention Center, Singapura, Selasa (25/7) ini dihadiri oleh Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto, SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi, dan  SVP Micro Personal Loan Bank Mandiri Rheyna Anggun Marnala.

Aquarius mengatakan, prestasi ini merupakan pengakuan atas kerja keras Bank Mandiri dalam melakukan transformasi digital. Juga konsistensi bank berlogo pita emas ini dalam menyediakan solusi kebutuhan transaksi nasabah, khususnya pada segmen ritel.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ABF, dan seluruh nasabah serta stakeholder kami atas penghargaan yang diberikan. Prestasi ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan layanan serta menjadi momentum untuk terus aktif dalam berinovasi dan menghadirkan solusi finansial yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Aquarius di sela-sela acara.

Lebih lanjut, pencapaian Bank Mandiri dalam meraih Mobile Banking & Payment Initiative of the Year salah satunya didukung oleh upaya Bank Mandiri dalam memperluas ekosistem digital khususnya pada Financial Super App Livin’ by Mandiri. Saat ini, tercatat hampir 3.000 merchant biller terkoneksi dengan Livin’ by Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak sampai disitu, dari segi inovasi, Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank paling aktif di Indonesia yang mengoptimalkan fitur digital untuk nasabah ritel atau perorangan. Hal ini terlihat dari jumlah fitur yang ada di Livin’ by Mandiri yang mencapai lebih dari 70 fitur baru atau dengan rata-rata dua hingga 3 fitur baru perbulan, tertinggi dibanding bank digital maupun konvensional lainnya di Indonesia.

Salah satu fitur yang menjadi penilaian positif ABF yaitu kehadiran pembayaran QRIS di lebih dari 21 juta merchant dengan pilihan sumber dana tabungan maupun kartu kredit melalui Livin’ by Mandiri.

“Bank Mandiri selalu tanggap terhadap perkembangan kebutuhan nasabah akan solusi perbankan maupun gaya hidup. Sehingga kehadiran  Livin’ by  Mandiri dapat secara langsung mampu memudahkan keseharian nasabah,” imbuh Aquarius.

Hingga Juni 2023 Livin’ by Mandiri sudah mengelola lebih dari 1,3 miliar transaksi dengan total nilai mencapai Rp 1.500 triliun atau naik 65% secara year on year (YoY). Sementara itu, sampai dengan pertengahan tahun 2023 aplikasi super andalan Bank Mandiri ini telah diunduh lebih dari 28 juta kali, meningkat 70% secara YoY.

Pada saat yang sama, sebagai bank dengan pangsa pasar wholesale terbesar di Indonesia, Bank Mandiri juga meraih dua penghargaan dalam ajang ABF Wholesale Banking Awards 2023. Kedua penghargaan tersebut yakni Best Indonesia Trade Finance Bank of The Year dan Best Indonesia Domestic Cash Management Bank of The Year.

Torehkan Kinerja Ritel Positif

Konsisten dalam bertransformasi ke arah digital, Bank Mandiri turut melengkapi layanan digital untuk memaksimalkan fungsi intermediasi perseroan. Salah satunya melalui fitur pengajuan Pinjaman Serbaguna langsung dari Livin’ by Mandiri. Livin’ by Mandiri juga semakin memanjakan nasabah dengan kemudahan transaksi QRIS dengan sumber dana dari kartu kredit, selain itu nasabah juga dapat melakukan cicilan langsung melalui Livin’ by Mandiri.

“Ke depan Bank Mandiri akan terus lakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan perbankan nasabah. Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan fitur Buy Now Pay Later untuk memperluas ekosistem digital lending dan membantu pengelolaan cash flow nasabah,” tutur Aquarius.

Sebagai informasi, bank bersandi saham BMRI ini juga mencatat pertumbuhan kredit segmen ritel yang positif. Tercatat, sampai dengan akhir Mei 2023 total penyaluran kredit segmen retail banking Bank Mandiri berhasil tumbuh 12,24% secara YoY menjadi sebesar Rp 332,84 triliun secara bank only.

Pertumbuhan tersebut didukung oleh peningkatan di seluruh sub-segmen, termasuk  penyaluran kredit UMKM yang telah mencapai Rp 119,28 triliun. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 9,35% bila dibandingkan periode tahun sebelumnya.

“Sebagai agen pembangunan, Bank Mandiri berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan UMKM yang merupakan sektor potensial dan sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Salah satunya melalui peningkatan dan jangkauan akses pelaku UMKM terhadap jasa keuangan,” pungkasnya.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index